April 15, 2024

OpenAI memperkenalkan ChatGPT pada November 2022, sehingga memicu banyak sekali minat terhadap AI generatif. ChatGPT mendapat begitu banyak perhatian sehingga GenAI menjadi tema dominan di dunia teknologi pada tahun 2023.

Microsoft mendukung OpenAI pada awal tahun 2023 dengan menjanjikan investasi multi-tahun senilai jutaan dolar untuk mempercepat pengembangan teknologi AI OpenAI.

Google melakukan langkah GenAI pada Maret 2023 dengan Bard . Pada bulan Februari 2024, Google mengganti nama Bard menjadi Gemini ketika meluncurkan versi chatbot AI yang lebih baik.

ChatGPT dan Gemini bertanggung jawab atas maraknya GenAI, yang menggunakan information dari mannequin pembelajaran mesin untuk menjawab pertanyaan dan membuat gambar, teks, dan video . OpenAI dan Google terus meningkatkan mannequin bahasa besar ( LLM ) di belakang ChatGPT dan Gemini untuk memberi mereka kemampuan lebih besar dalam menghasilkan teks mirip manusia.

Apa itu ObrolanGPT?
ChatGPT adalah chatbot bertenaga AI yang menjadikan GenAI sebagai teknologi terpopuler di tahun 2023. Menurut CEO OpenAI Sam Altman, ChatGPT menjangkau 1 juta pengguna dalam waktu lima hari setelah dirilis pada 30 November 2022.

Transformator Terlatih Generatif, yang menjadi dasar mannequin ChatGPT, menemukan pola dalam urutan information. Mannequin bahasa AI-nya menghasilkan respons terhadap pertanyaan pengguna dan berfungsi sebagai antarmuka yang memungkinkan pengguna berkomunikasi dengan mannequin bahasa tersebut. GPT-3.5 adalah mannequin bahasa ChatGPT free of charge saat ini, dengan GPT-4 yang ditingkatkan yang digunakan dalam versi langganan berbayar ChatGPT Plus, ChatGPT Staff, dan ChatGPT Enterprise. GPT-4 secara umum dianggap sebagai mannequin GenAI tercanggih saat tersedia, namun Google Gemini Superior kini dianggap sebagai pesaing tangguh.

Aplikasi populer untuk ChatGPT mencakup pembuatan konten e mail, postingan media sosial, dan weblog; ringkasan teks; terjemahan bahasa; pembuatan kode; pembelajaran dan pendidikan; membangun asisten digital; simulasi dan pelatihan; bantuan penelitian; dan membuat recreation serta aplikasi hiburan lainnya.

ChatGPT bersifat multimodal, artinya pengguna dapat menggunakan gambar dan suara untuk mengaktifkan chatbot. ChatGPT Voice — tersedia di ponsel iOS dan Android — memungkinkan pengguna melakukan percakapan dengan ChatGPT, yang dapat merespons dalam salah satu dari lima suara yang dihasilkan AI.

ChatGPT dan ChatGPT Plus ditargetkan untuk pengguna individu. Versi free of charge ChatGPT tersedia melalui browser internet dan perangkat seluler. Pengembang juga dapat menyematkan API ChatGPT dalam aplikasi perangkat lunak mereka agar dapat diakses oleh penggunanya.

ChatGPT Plus berharga $20 per pengguna, per bulan. GPT-4, yang digunakan di ChatGPT Plus, merespons lebih cepat dibandingkan versi GPT sebelumnya; lebih akurat; dan mencakup fitur seperti analisis information tingkat lanjut. GPT-4 juga dapat membuat respons yang lebih element dan lebih cepat dalam tugas-tugas seperti mendeskripsikan foto dan menulis keterangan gambar. Meskipun GPT-3.5 hanya dilatih pada information hingga Januari 2022, GPT-4 telah dilatih pada information hingga April 2023.

Keuntungan lain dari langganan ChatGPT Plus adalah menjamin akses ChatGPT bahkan selama waktu penggunaan puncak. Waktu respons untuk ChatGPT gratis dibatasi oleh bandwidth dan ketersediaan.

OpenAI menjual Tim ChatGPT dan ChatGPT Enterprise ke bisnis. Tim ChatGPT tersedia dengan biaya $25 per pengguna, per bulan ditagih setiap tahun. Ini mencakup semua yang ada di ChatGPT Plus tetapi memungkinkan lebih banyak pesan selama batas waktu yang ditentukan. Itu juga dapat berbagi GPT dengan pekerja lain, memiliki waktu respons lebih cepat daripada ChatGPT Plus dan mencakup konsol admin. ChatGPT Enterprise memiliki akses berkecepatan tinggi tanpa batas ke GPT-4; kemampuan administrasi, dukungan pelanggan, dan analisis yang lebih canggih; jendela konten yang diperluas untuk enter yang lebih panjang; dan memiliki waktu respons tercepat dari semua versi ChatGPT. Harga ChatGPT Enterprise bervariasi tergantung penggunaan.

Apa itu Google Gemini?
Gemini adalah mannequin GenAI Google yang dibuat oleh perpustakaan penelitian AI Google DeepMind. Mannequin Gemini mendukung alat Bard GenAI Google yang diluncurkan pada Maret 2023. Google mengganti nama Bard menjadi Gemini pada Februari 2024, beberapa bulan setelah meluncurkan Gemini Superior berdasarkan fondasi Extremely 1.0 LLM yang baru.

Gemini dirancang untuk mengambil informasi sebagai jawaban sederhana, mirip dengan cara kerja asisten pintar seperti Alexa dan Siri. Ia menggunakan LLM untuk membalas perintah dengan informasi yang telah dipelajari atau dapat diambil dari layanan Google lainnya.

Google Gemini bersifat multimodal — ia memahami kode audio, video, dan komputer serta teks. Google telah menghentikan sementara fitur pembuatan gambar Gemini karena ketidakakuratan. Pernyataan Google yang mengungkapkan jeda tersebut berjanji untuk segera merilis kembali fitur pembuatan gambar yang lebih baik.

Kemampuan Gemini diintegrasikan ke dalam mesin pencari Google dan tersedia di aplikasi Google Workspace seperti Dokumen, Gmail, Spreadsheet, Slide, dan Meet. Gemini for Google Workspace adalah nama baru Duet AI untuk Google Workspace, yang merupakan jawaban Google terhadap asisten Microsoft Copilot AI. Google Gemini tersedia melalui aplikasi di ponsel Android dan di aplikasi Google di iOS.

Gemini Superior adalah bagian dari layanan berlangganan paket Google One AI Premium dengan biaya $19,99 per bulan di Amerika Serikat. Google One AI Premium juga menyertakan penyimpanan 2 TB.

Gemini Superior adalah versi AI yang lebih kuat daripada Gemini Professional, yang tetap tersedia secara free of charge. Dalam sebuah weblog , CEO Google Sundar Pichai mengklaim Gemini Superior dengan Ultra LLM “jauh lebih mampu dalam berpikir, mengikuti instruksi, coding, dan kolaborasi kreatif.” Selain itu, ia menulis bahwa Gemini Superior dapat berfungsi sebagai tutor pribadi yang menyesuaikan dengan gaya belajar seseorang atau dapat membantu membangun rencana bisnis atau strategi konten.

Google telah mengumumkan sebelumnya Gemini 1.5 Professional , mengklaim bahwa ia memiliki kemampuan yang sama dengan Extremely 1.0. Namun, perusahaan belum memberikan kerangka waktu untuk merilis versi LLM-nya.

Google menyarankan Gemini Pro dan kemampuan AI-nya adalah pilihan yang lebih baik untuk tugas pengembangan, penelitian, dan pembuatan, dan jika Anda mencari chatbot free of charge. Ini membawa AI ke tugas-tugas sederhana untuk penggunaan pribadi. Bagi mereka yang bersedia membayar biaya berlangganan, Google merekomendasikan Gemini Advanced untuk aplikasi profesional, alur kerja yang lebih menuntut, peningkatan kinerja, dan kemampuan yang lebih mutakhir. Google Superior juga akan menyertakan akses awal ke fitur-fitur baru.

Gemini Nano, bagian lain dari keluarga Google Gemini, digunakan di perangkat seperti ponsel pintar Google Pixel 8 Professional.